Cerpen: 1 Butir Apel

Pada zaman dahulu hiduplah dua orang bernama andi dan anton,Si andi adalah seorang yang sombong dan angkuh, Ia memiliki lahan subur dan memiliki satu pohon apel yang banyak buahnya,sangking lebatnya Pohon apel si andi,Si andi bisa memetik pohon apel tersebut sambil duduk.Sedangkan si anton adalah orang baik hati dan ramah tapi sayang si anton memiliki tanah gersang dan tandus,Tanah si anton tidak bisa Tanami apapun karna sangking gersangnya,untuk kehidupan keseharianya si anton hanya memakan serangga yang ada di sekitar rumahnya .
Pada suatu ketika si Anton pergi ke tempat andi untuk meminta apel di pohonya.Di saat sampai di rumah andi,Si anton berkata,Boleh nggak saya meminta buah apel punya mu, Lalu di jawab sama andi. Tidak boleh ini pohon apel punya saya,dilarang meminta di sini pergi sana hush.Si anton di usir dari rumah andi, Anton pun pulang ke rumah dengan ke adaan tangan kosong dan kecewa. Sampai di rumah si anton merenung bagaimana caranya agar lahanya bisa di Tanami tumbuhan, Akhirnya si anton dapat ide agar tanahnya bisa subur dan bisa Tanami tumbuhan. Ia mencoba membuat saluran irigasi dan bendungan, Ia berusaha sekuat tenaga agar ia bisa buat saluran irigasi ke lahanya.Beberapa hari kemudian si anton berhasil membuat saluran irigasi air di lahanya.Si anton memulai mencoba untuk menanam pohon di sekitar lahanya.Di saat itu di lihat oleh andi ketika si anton mencoba menanam di lahanya. Si andi pun berkata, Nggak mungkin lahan loe itu bisa Tanami,lahan loe itu sangat tandus dan gersang mendingan mati aja sana loe,Percuma lakukan semua ini gue yakin loe nggak bakal berhasil hahah. Setelah mencaci maki si anton si andi pun pergi.Walaupuin si anton di ejek sama andi,Si anton mencoba sabar untuk menghadapi ejekan si anton si anton yakin kalo usaha yang dia lakukan itu akan berhasil.
Beberapa tahun kemudian akhirnya usaha anton membuahkan hasil,Lahanya bisa di Tanami,Ia memiliki banyak jenis pohon,ia memiliki pohon mangga rambutan apel dan lain-lain,Si anton sangat bersyukur karna apa yang ia lakukan membuahkan hasil.
Pada suatu ketika terjadi musim kemarau panjang,sudah 6 bulan tidak turun hujan,Walaupun musim kemarau panjang si anton tidak khawatir karna ia memiliki bendungan dan saluran air yang bagus jadi ia tidak perlu khawatir pohonya mati.Sedangkan si andi pohonya mati karna ia tidak memilik saluran irigasi yang bagus,Ia bingung karna ia tidak bisa makan dan kelaperan.Si andi mencoba menghilangkan rasa laper di perutnya dengan cara jalan-jalan. Di saat ia jalan-jalan ia melintasi lahan anton,Ia melihat pohon si anton buahnyaberlimpah,Segala jenis buah ada di sana,Si andi mencoba meminta ke si anton,Tapi si andi nggak berani karna ia dulu pernah mengusir si anton ketika anton mencoba meminta apel milik andi. Akhirnya ia mau pergi pulang .Ketika mau pergi pulang ia si anton melihat si andi berjalan dengan keadaan kelaperan,Seketika si anton menyampari si andi dan ia member buah sebagian hasil panenya Dan si anton berkata ke andi, Hei andi nih buah-buahan buatmu ,Seketika si anton menangis dan ia berkata. Makasih anton kenapa kau baik dengan ku padahal dulu disaat kamu meminta apel ke padaku aku malah mengusir mu.Di jawab oleh anton udah itu masa lalu nggak perlu di bahas , Lalu andi berkata ke pada anton bagai mana caranya agar aku bisa membalas jasamu, Di jawab oleh anton ,Hmm kau cukup jadi saudaraku,Kau harus selalu bersama ku dalam ke adaan suka maupun duka ,Apakah kau setuju jadi saudaraku?? .Lalu di jawab oleh andi setuju, Aku akan selalu ada bersamamu ke adaan suka maupun duka,Akhirnya mereka berdua menjadi saudara dan hidup bahagia untuk selamanya
TAMAT




0 comments:

Post a Comment

Cerpen: 1 Butir Apel